11 Khasiat atau Manfaat Daun dan Buah Seri (Kersen) Bagi Kesehatan, Serta Kandungan Nilai Gizi dan Nutrisi

Foto manfaat-buah.com

update NKRI - Pohon seri adalah tumbuhan yang liar, tumbuh rindang dan mudah berkembang biak walau dengan kondisi suhu panas. Pohonnya akan hidup setinggi 12 meter namun umumnya hanya sekitar 3-5 meter. Tidak mengherankan apa bila banyak dijumpai di sepanjang jalan sebagai penyaring polusi udara, serta sebagai tempat untuk berteduh.


Foto holebiz.com
Pohon seri adalah sejenis tanaman yang memiliki buah berukuran kecil bulat. Buah memiliki warna hijau jika masih mentah , dan akan berwarna merah cerah atau kehitaman Jika sudah matang atau masak,

Buah seri yang masak akan terasa manis dan jika di kunyah akan ada sensasi seperti ada pasir halus (biji buah seri) namun lunak. Dengan rasa yang manis tentunya ini sangat di gemari oleh anak kecil atau hewan pemakan buah-buahan seperti kelelawar dan burung.

Ternyata selain rasa buahnya yang manis, buah seri banyak sekali mengandung manfaat yang baik untuk tubuh. Serta juga bisa mengatasi berbagai macam penyakit yang dihimpun dari berbagai nara sumber.

Buah seri atau juga disebut Kersen atau talok (Muntingia calabura L.). Di beberapa daerah, seperti di Jakarta,dan sekitarnya, dinamai seri. Di Madura, buah ini disebut baleci. 

Nama-nama lainnya di beberapa negara adalah datiles, aratiles, manzanitas (Filipina); mât sâm (Vietnam); khoom sômz, takhôb (Laos); takhop farang (Thailand); krâkhôb barang (Kamboja); dan kerukup siam (Malaysia). Juga dikenal sebagai capulin blanco, cacaniqua, nigua, niguito (bahasa Spanyol); Jamaican cherry, Panama berry, dan Singapore cherry (Inggris). Orang Belanda dulu menyebutnya Japanse kers ("ceri Jepang")-(Sumber wikipedia)

Inilah kandungan nilai gizi dan nutrisi yang terdapat dibuah seri setiap 100 gram, (sumber permathic)

Air (77,8 gram),Protein (0,384 gram), Lemak (1,56 Gram), Karbohidrat (17,9 gram), Serat (4,6 gram), Abu (1,14 gram), Kalsium (124,6 mg), Fosfor (84mg), Besi (1,18 mg), Karoten (0,019g), Tianin (0,065g), Ribofalin (0,037g), Niacin (0,554 g) dan kandungan Vitamin C (80,5 mg) nilai Energi yang dihasilkan adalah 380KJ/100 gram.

- Manfaat dan Khasiat buah seri untuk kesehatan, (sumber getaransehat)
Anti Bakteri,
Buah seri terkandung anti-bakteri yang memiliki jumlah sebanding dengan jumlah anti-bakteri yang digunakan oleh para dokter. Hal ini di buktikan dengan adanya penemuan yang menyatakan bahwa di dalam buah seri terdapat anti-bakteri yang sangat kuat sekali.

Anti Oksidan,
Buah seri juga mengandung anti-oksidan yang cukup tinggi, sehingga mampu menangkal radikal bebas dan tubuh terhindar dari serangan penyakit dan mencegah tumbuhnya sel kanker.

Mengatasi asam urat,
Kandungan anthocyanin pada buah seri mampu mengatasi asam urat, karena kandungan zat tersebut dapat mengurangi rasa nyeri sendi yang disebabkan oleh arthritis, rheumatoid dan ostheoarthritis. Asam urat bisa menyerang siapa saja tidak hanya kalangan lanjut usia, namun remaja juga dapat terkena serangan penyakit ini. Jadi ada baiknya coba mengobatinya dengan buah yang satu ini.

Memulihkan nyeri otot,
Buah seri mengandung anti-inflamasi yang dapat menghilangkan rasa nyeri pada otot. Selain itu orang yang rajin mengonsumsi buah seri akan memiliki otot yang sehat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di amerika, menemukan bahwa atlet yang rajin meminum jus buah seri akan sedikit mengalami nyeri otot dari pada yang tidak.

Membantu tidur nyenyak,
Pada buah seri terdapat zat melatonin yang dapat membantu kerja otak untuk mengatur tidur, mengatasi jet lag, menjaga daya ingat serta memperlambat penuaan. Jadi jika anda mengalami insomnia ada baiknya untuk mengatasinya dengan buah seri.

Menghaluskan kulit,
Menurut riset yang dilakukan di eropa mengonsumsi segelas jus buah seri dapat setiap hari mampu menghaluskan kulit dan memperlambat proses penuaan. Karena buah seri mengandung antioksidan yang merupakan tertinggi dengan 17 senyawa antioksidan. Selain itu juga mampu mengatasi masalah jerawat dan vulgaris.


Meningkatkan libido,
Bagi anda pasangan suami istri, rajin-rajinlah mengonsumsi jus buah seri setiap hari. Karena kandungan vitamin A dan C yang terdapat pada buah seri mampu meningkatkan libido pada pria maupun wanita.

- Manfaat daun seri untuk kesehatan,
Selain buahnya, bagian lain dari tanaman buah seri yang bermanfaat bagi tubuh adalah daunnya. Khasiat yang terkandung pada daun buah seri tidak kalah dengan buahnya, agar lebih jelas berikut ini manfaat dari daun buah seri.


Anti septik,
Pada daun buah seri memiliki manfaat sebagai anti-septik yang dapat membunuh mikroba dan bakteri. Karena daun seri mengadung senyawa flovanoid, tannin dan saponin, caranya dengan merebus beberapa daun seri dan minumlah air rebusannya.

Anti inflamasi,
Rebusan daun seri juga mengandung anti-inflamasi yang dapat menurunkan demam dan mengatasi peradangan. Jadi jika anda demam sebaiknya mencoba dengan minum air rebusan daun seri.

Mampu melindungi jantung,
Tidak hanya daun sirsak yang mampu melindungi kesehatan jantung, manfaat terbesar dari daun seri adalah mampu menjaga serta melindungi kesehatan jantung kita. Karena ekstrak daun seri ternyata melindungi miokardium yang nantinya berdampak pada penurunan di dalam pembatasan dari kebocoran enzim miokardium.

Anti-tumor,
Daun seri juga dapat berkhasiat sebagai anti-tumor, karena di dalam daun seri terdapat senyawa flovanoid yang dapat menghambat pertumbuhan dari sel tumor secara efektif.

Itulah manfaat buah dan daun seri, sebaiknya anda konsultasikan dulu oleh para pakar obat tradisional atau dokter akhli.