Kongres PSSI Pulihkan 7 Tim Sepak Bola yang Sebelumnya Dapatkan Sanksi

Foto www.superball.tribunnews.com

update NKRI - Pada Kongres tahunan PSSI yang berlangsung di Hotel Aryaduta Bandung, Iawa Barat, Minggu, (8/1/17). Memutuskan memulihkan status Persebaya Surabaya, kembali menjadi anggota PSSI. Adapun Persebaya memulai kembali kiprah kompetisinya di Divisi Utama.

Selain Persebaya, terdapat enam tim lainnya yang statusnya dipulihkan. Yakni Persibo Bojonegoro, Persema Malang, Arema Indonesia, Lampung FC, Persipasi Kota Bekasi dan Persewangi Banyuwangi. Hanya saja keenam tim ini hanya bisa turun di Liga Nusantara.
Sebelumnya ketujuh klub tersebut mendapatkan sanksi dari PSSI. Mereka dicoret dari keanggotaan PSSI karena mereka dianggap mengikuti kompetisi ilegal.
Pada tahun 2013 lalu, terjadi dualisme kompetisi sepak bola di Indonesia yaitu ISL dan IPL, sementara kompetisi yang diakui oleh FIFA adalah ISL, namun para klub tersebut memutuskan untuk bermain di IPL, sehingga status mereka dibekukan oleh PSSI.

Seperti ditulis pikiran rakyat, suporter Persebaya Surabaya Bonek, Andi Peci mengatakan suporter menghargai keputusan kongres, meskipun belum sepenuhnya lega karena ada harapan agar Persebaya bisa berkiprah di kompetisi tertinggi Indonesia.
Menurut Andi, keputusan pemulihan status Persebaya akan menjadi langkah besar bagi masa depan sepak bola nasional. Karena dengan begitu, menurut dia, Surabaya bisa kembali memunculkan sejumlah pemain-pemain potensial.
"Dan satu tahun, dua tahun akan muncul pemain hebat dari Indonesia seperti Andik Vermasnyah, atau Evan Dimas, akan banyak pemain lahir dari Surabaya," katanya. (sumber pikiran-rakyat)