Manfaat Buah dan Daun Jambu Biji


update NKRI - Siapa yang tidak kenal pohon jambu biji. Buah khas tropis ini memang dikenal banyak khasiatnya bagi kesehatan dan kecantikan, karena kandungan vitamin C-nya yang cukup tinggi dan mengandung berbagai nutrisi lainnya. Cara mendapatkannya yang mudah membuat jambu biji banyak di kenal orang di negara kita. Ternyata jambu biji bukan hanya dimanfaatkan buahnya saja, tapi daunnya juga sering dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan. 

- Mengobati demam berdarah
Siapkan sekitar 5 lembar daun jambu biji, kemudian rebus dengan air kira-kira sebanyak 2 gelas, Minumlah ramuan tersebut dalam rentang waktu 4 jam sekali sampai sembuh. Bahkan buah jambu biji (merah) ini bisa dimanfaatkan pula untuk demam berdarah, dengan cara menghaluskan (men-juice) buahnya.
- Mengobati diare
Banyak orang telah membuktikan bahwa daun jambu biji ini sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit diare. Anda dapat langsung memakannya sebagai lalapan dengan memilih daun yang masih muda, atau bisa juga meraciknya menjadi ramuan. Caranya mukup mudah, siapkan saja 6 lembar daun jambu biji, kemudian Anda tumbuk dan beri satu cangkir air matang. Peras dan minum airnya. Minumlah dengan rutin 2 kali dalam sehari hingga diare Anda sembuh. Baca juga: Mengobati Diare Dengan Daun Singkong.
- Mengobati maag
Daun jambu biji tenyata juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati sakit maag. Caranya mudah, siapkan saja 8 helai daun jambu biji. Rebus dengan menggunakan 1,5 liter air. Setelah itu minum secara rutin 3 x sehari. Baca juga: Cara Mengobati Maag Kronis Dengan Temu Lawak.
- Mengobati luka
Daun jambu biji diyakini mengandung astringent yang bermanfaat untuk menghentikan pendarahan. Caranya Anda kunyah atau tumbuk hingga lumat sekitar 3 pucuk daun jambu biji. Setelah itu tempelkan pada luka.
- Mengobati keputihan
Apabila Anda bisa termasuk salah satu wanita yang sering mengalami keputihan, cobalah untuk mengobati keputihan tersebut dengan menggunakan ramuan dari daun jambu biji. Caranya juga cukup mudah. Rebus sekitar dua genggam daun jambu biji dengan 7 helai daun sirih dengan menggunakan segelas air. Saring dan kemudian minum. Minumlah dengan rutin 2 kali sehari. Baca juga: Mengobati Keputihan Dengan Daun Sirih.

- Mengobati ambeien
Apabila Anda mendertita penyakit ambien, Anda bisa mencoba mengobati ambeien dengan memakai daun jambu biji. Caranya adalah dengan menumbuk daun jambu biji yang masih muda bersama dengan sebuah pisang batu. Anda bisa meminum air perasannya dengan rutin hingga ambeien Anda sembuh.
- Mengatasi jerawat dan komedo
Banyak yang tidak tahu bahwa salah satu manfaat daun jambu biji adalah untuk masker wajah dan ini sudah tidak dapat diragukan lagi. Caranya juga sangat mudah. Cukup Anda tumbuk daun jambu biji yang masih muda, setelah itu oleskan pada pada wajah yang berjerawat atau terdapat komedo. Gunakan dengan rutin agar wajah Anda makin halus dan bebas jerawat serta komedo.
- Menurunkan kadar kolesterol
Ambil sekitar 7 lembar daun jambu biji yang terlihat masih segar, tambahkan saja 2 genggam daun ceremai serta 10 lembar daun sirih, cuci semua bahan tersebut hingga bersih, setelah itu rebus dengan air putih sebanyak 3 gelas sampai tersisa separuhnya. Minum air rebusan daun tersebut 1/2 gelas di saat pagi hari, dan 1/2 gelas lagi malam hari. Baca juga: 9 Cara Alami Turunkan Kolesterol.
- Mengatasi kembung pada anak
Caranya siapkanlah saja 3 hingga 4 lembar daun jambu biji yang tampak masih muda. Cucilah dengan air yang mengalir hingga bersih, rebus dengan 2 gelas air putih.  Tambahkan 1/2 jari kulit batang pulosari dan 5 butir adas. Biarkan rebusan ini sampai tersisa segelas saja. Biarkan dulu hingga dingin, saring, setelah itu minumkan air itu ke anak yang perutnya sedang kembung.
-  Mengobati sariawan
Caranya ambilah segenggam daun jambu biji segar dan 1 jari kulit batang jambu biji.  Cucilah kedua bahan tersebut dengan air yang mengalir hingga bersih. Rebus dengan 1 liter air sampai mendidih. dinginkan dan minumlah air rebusan tersebut 2 x sehari. Baca juga: 11 Obat Alami Sariawan.
-  Mengobati Diabetes
Minumlah seduhan dari teh daun jambu biji 2x sehari. Teh daun jambu biji ini sangat efektif untuk menurunkan glukosa di dalam darah dan mampu menghambat enzim alpha-glukosidase.
Itulah manfaat daun jambu biji bagi kesehatan dan kecantikan. Mungkin masih banyak manfaat lainnya yang tidak disebutkan disini, Anda bisa mencobanya jika mengalami beberapa masalah di atas. (sumber sehatmu)