Buah Tekokak Dapat Mengobati Penyakit Mata, Tulang, Bisul, Batuk, Lambung, Ambeien, Asam Urat, Pinggang dan Lain-lain

Gambar informasi,media.com

update NKRI - Tanaman Tekokak  adalah tanaman yang biasa tumbuh liar dan subur dan juga tahan terhadap cuaca. Maka tanaman ini, mudah dijumpai di lahan atau kebun sekitar pemukiman warga.

Anda juga dapat menanam tumbuhan ini di kebun. Tanaman tekokak ini tidak memerlukan perawatan khusus. 

Buah tekokak mempunyai rasa sedikit pahit, sedikit asam dan serta ada sedikit manis. Buah tekokak bisa menjadi Resep makan tambahan, seperti Tekokak Hijau Kuah Taucho Ayam, Resep Makan yang Baik untuk Penglihatan Mata. Bisa juga dimakan secara langsung sebagai lalapan.

Buahnya mengandung vitamin A, klorogenin, torvogenin, solasonin, dan sisalogenone. Daunnya mengandung panikolugenin dan neo-klorogenin, sedangkan akarnya menyimpan jurubine. 

Buah tekokak bisa dijumpai di pasar tradisional, namun masih sedikit sekali yang menjualnya.
                               
Gambar update NKRI
Ciri-ciri tanaman tekokak.

Batang pohon tekokak, tidak besar dan mempunyai ketinggian pohon, kira-kira 1 hingga 2 meter, berduri dan banyak rambut . Sedangkan bentuk daunnya menyerupai daun terong unggu, namun lebih kecil. Bunga tekokak memiliki 5 kelopak berwarna putih, buah tekokak (hampir mirip dengan buah lunca) mempunyai garis tengah 1 cm.

Tekokak disebut juga dengan cepoka, pokak, cokawana, turkey berry. Nama ilmiah dari tanaman ini adalah solanum torvum, masih tergolong keluarga solanaceae. 

Tekokak memiliki efek farmakologis seperti analgetik, antitusif, dan anti-koagulan. 

Berikut ini, manfaat dari tekokak, dihimpun dari berbagai sumber.

- Mengobati gangguan mata seperti mata minus. 
Cukup dengan makan 7 buah tekokak setiap hari selama beberapa bulan. Anda dapat mengecek perubahan yang terjadi ke dokter spesialis mata. Hindari kebiasaan buruk lainnya yang dapat memicu kerusakan pada mata, seperti baca buku dalam posisi tidur, nonton tv terlalu dekat, dsb. 

- Tulang keropos (Osteoporosis) Untuk menguatkan tulang.
Buatlah ramuan tradisional dari bahan alami. Ambil buah tekokak dan kacang kedelai, masing-masing sebanyak 100 gram. Anda dapat memasak kedua bahan sesuai selera anda, seperti sup atau lainnya. 

- Bisul dan koreng pada kulit Tak perlu risau dengan penyakit kulit seperti bisul dan korengan. 
Petik 3 helai daun tekokak, tumbuk atau giling hingga lembut. Terapkan pada bisul di kulit. Ulangi cara ini, 3 kali dalam sehari. 

- Batuk kronis Jengkel dengan batuk yang bandel?.
Ada cara mudah untuk meredakannya. Jemur akar tekokak, ambil 12 gram saja. Akar ini kemudian direbus dengan 750 ml air, sampai berkurang separuhnya. Minum segelas airnya, ketika pagi dan malam. 

Mastitis meredakan peradangan pada bagian tubuh tersebut dapat dilakukan dengan cara tradisional. 
Pertama, jemur 3 helai daun tekokak hingga kering. Tumbuk kemudian campur dengan sedikit cuka beras putih, oleskan pada bagian tubuh yang bengkak. 

- Sakit lambung Untuk meredakan radang lambung.
Keringkan akar tekokak kemudian ambil 10 gram. Panaskan 4 gelas air menggunakan api kecil, masukkan akar tadi dan juga daun pegagan dengan takaran sama. Tunggu hingga airnya menyusut 2 gelas, biarkan dingin. Minum segelas airnya di pagi dan menjelang malam. 

- Penyakit ambeien Salah satu obat wasir dapat dibuat sendiri di rumah. 
Siapkan 30 gram buah terong meranti, 30 gram daun dewa, dan 10 gram temu hitam. Panaskan 600 ml air dengan api kecil, masukkan semua bahan. Tunggu sampai tersisa 300 ml air saja, minum saat airnya masih hangat. Lakukan pengobatan ini di pagi dan malam hari. 

- Memar Terbentur benda keras dapat menyebabkan memar dan bengkak. 
Atasi dengan cara mudah. Jemur akar tekokak sampai kering, ambil 15 gram. Rebus dengan 800 ml air sampai menyisakan 400 ml. Minum saat pagi dan sore hari, dengan takaran satu gelas. 

- Asam urat tinggi Untuk menurunkan kadar asam urat yang terlalu tinggi.
Siapkan 100 gram buah nanas dan tekokak. Tambahkan rebon (sejenis udang kecil), kemudian ditumis hingga matang. Masakan ini dapat dikonsumsi setiap hari.

- Sakit pinggang Pinggang terasa kaku tentu saja membuat anda menjadi tidak nyaman, serta mengganggu aktivitas sehari-hari. 
Untuk mengatasi kondisi medis ini, siapkan beberapa bahan alami. Ambil buah tekokak dan akar sawi langit, masing-masing 30 gram. Siapkan juga jahe dan temulawak, dengan takaran 20 gram. Semuanya direbus dalam 800 ml air, sampai airnya tertinggal 400 ml. Minum 3 kali sehari. 

- Flu Cara meredakan gejala flu, dapat menggunakan bahan alami. 
Siapkan 15 gram jahe dan 30 gram buah terong meranti. Panaskan 400 ml air di atas api kecil, masukkan kedua bahan ke dalamnya. Biarkan airnya menyusut 200 ml, angkat. Minum di pagi dan petang hari. 

- Keracunan makanan Untuk menetralkan racun yang berasal dari makanan tertentu.
Siapkan 20 gram daun dewa dan 30 gram buah tekokak. Keduanya direbus dengan 600 ml air, sampai airnya menyusut 300 ml. Minum dengan rutin, dua kali dalam sehari. 

- Jantung berdebar (tachycardia) Untuk menormalkan denyut jantung, cobalah obat rumahan. 
Sediakan 10 gram kunyit dan 6 helai daun tekokak. Masukkan kedua bahan ke dalam air mendidih selama beberapa saat, kemudian angkat. Campur dengan madu murni, minum 2 kali dalam sehari. 

- Penyakit liver Obati penyakit liver dengan bahan alami. 
Panaskan 2 gelas air di atas kompor, masukkan 60 gram tanaman tekokak. Angkat setelah airnya tersisa satu gelas. Minum airnya yang masih hangat setiap hari, sampai sembuh. 

- Melancarkan sirkulasi darah.
Caranya, panaskan 600 ml air dengan api kecil. Masukkan 20 gram daun dewa dan 30 gram buah tekokak ke dalamnya. Setelah airnya berkurang setengah bagian, angkat. Saring kemudian minum sekali dalam sehari. 

Perhatian Seseorang yang mempunyai riwayat penyakit glukoma, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi ramuan dari tanaman tekokak. Hindari dosis berlebihan, untuk mencegah keracunan. (Sumber kinisehat)